Bab I (pendahuluan) Karya Tulis & Bibliografi

 BAB I

PENDAHULUAN

 1.1 Latar Belakang Masalah

Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan tugas pelayanan kepada masyarakat dituntut agar selalu memberikan sebuah pelayanan yang prima kepada masyarakat untuk itu dibentuklah sebuah peraturan Kapolri guna mendukung tugas-tugas Polri. Peraturan Kapolri memuat aturan-aturan, tata cara dan petunjuk dalam pelaksanaan tugas kepolisian yang mana setiap satuan organisasi Polri harus selalu up to date. Namun demikian tidak hanya anggota Kepolisian saja yang wajib mengetahui sebuah peraturan tersebut akan tetapi setiap annggota masyarakat juga harus mengetahui sebuah peraturan yang ada untuk mengetahui hak-hak apa saja yang dapat ia terima

Peraturan Kapolri adalah salah satu bentuk berita negara yang mana setiap warga negara wajib mengetahuinya untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dengan cepat dan mudah dapat mendistribusikan peraturan tersebut. Bayangkan apabila di era digitalisasi seperti saat ini pendistribusian masih manual menggunakan jasa kurir, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk medistribusikan peraturan tersebut? Dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendistribusikan peraturan tersebut?

Saat ini Polri tentunya terbantu dengan banyaknya orang-orang yang berinisiatif memposting berbagai macam peraturan-peraturan yang ada dalam Blog, website berbagi file atau media sosial pribadinya, namun demikian masih terbatas hanya beberapa peraturan-peraturan saja dan belum up to date, bahkan terkadang disaat dibutukan dalam keadaan urgensi website penyedia tidak dapat diakses, hal ini tentu akan menghambat kelancaran tugas-tugas Polri. Hal ini tentu akan menjadi penting apabila sebuah peraturan kapolri tersebut akan dijadikan sebagai referensi dalam penegakkan hukum kkepolisian di lapangan.

Terkadang sebuah instansi Polri tidak mengetahui apabila ada sebuah Peraturann Kapolri sudah dinyatakan dicabut karena sudah tidak sesuai dan diganti dengan peraturan yang baru atau terbit sebuah peraturan baru guna melengkapi peraturan yang lama. Hal ini kalau dibiarkan tentu akan menghambat pelaksanaan tugas-tugas Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dikarenakan aturan yang mereka anut/pakai sudah tidak berlaku/tidak sesuai lagi.

Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dengan cepat, mudah dan murah dalam mendistribusikan sebuah Peraturan Kapolri ke seluruh wilayah Indonesia tanpa terkendala jarak, waktu dan biaya yaitu dengan membuat sebuah Sistem Pendistribusian Peraturan Kapolri. Dengan demikian seluruh kendala-kendala yang ada selama ini dapat segera teratasi dengan adanya websiter

1.2  Batasan Masalah

Batasan masalah yang diambil dalam penulisan ilmiah ini adalah tentang perancangan sebuah website pendistribusian Peraturan Kapolri dimana website tersebut berisi tentang daftar peraturan Kapolri yang telah ada serta status peraturan tersebut apakah sudah dicabut dan diganti dengan peraturan yang baru ataukah tetap berlaku dan dikuatkan dengan peraturan yang baru yang lebih up date.

Pada saat ini belum ada website yang secara rinci dan lengkap menyediakan Peraturan Kapolri yang telah ada, walaupun ada orang-orang yang dengan sukarela mengupload daftar Peraturan Kapolri dalam Blog pribadinya atau beberapa media berbagi file namun demikian belum secara lengkap menginventarisir daftar Peraturan Kapolri yang ada. Dikarenakan peraturan tersebut diupluad kedalam Blog atau media berbagi file maka menu yang didapatkan tentu sangat terbatas untuk itu belum ada menu pendukung yang dapat menyatakan setatus sebuah peraturan Kapolri tersebut apakah masih belaku atau sudah dicabut dan diganti dengan peraturan yang baru, seseorang yang membutuhkan peraturan tersebut harus menelusuri sendiri di mesin pencari apakah peraturan tersebut masih berlaku atau sudah ada peraturan yang lebih baru lagi.

Untuk itu sistem  ini sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran tugas-tugas kepolisian pada khususnya dan masyarakat umum pada umumnya,. Seseorang dapat dengan mudah mendapatkan sebuah peraturan Kapolri termasuk dengan setatus peraturan kapolri tersebut apakah masih berlaku ataukan sudah dicabut dan diganti dengan peraturan yang lebih baru lagi ataukah masih berlaku dan dikuatkan dengan peraturan yang lebih baru lagi

 1.3  Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk menunjang kelancaran tugas tugas kepolisian dalam pendistribusian Peraturan Kapolri dan memberi kemudahan bagi orang-orang yang memerlukan informasi tentang sebuah Peraturan Kapolri. Seorang pencari informasi tidak perlu berlama-lama menggunakan mesin pencari di internet untuk mencari sebuah Peraturan Kapolri dan menelusurinya apakah ada peraturan yang lebih baru lagi atau tidak, hanya cukup megakses website ini maka seseorang dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang up date Peraturan Kapolri. Cukup dengan menggakses website yang tersedia darimanapun untuk segera mendapatkan Peraturan Kapolri atau informasi lainnya yang mereka butuhkan.

Pengguna hanya perlu menyediakan sebuah perangkat komputer atau sebuah perangkat smartphone yang terkoneksikan dengan jaringan internet seorang seseorang dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi tentang sebuah Peraturan Kapolri yang terbaru Oleh karena itu diharapkan dengan adanya website ini dapat membantu dan mempermudah orang-orang yang akan memcari informasi tentang Peraturan Kapolri.

 1.4 Metode Penelitian

Metode Penelitian Ilmiah yang digunakan adalah :

  1. Studi Pustaka, yaitu dengan membaca buku-buku yang bersifat teoritis, mempelajari tutorial Macromedia Dreamweaver 8, Adobe Photoshop CS 6 dan MySQL.
  2. Studi Lapangan, yaitu melakukan observasi terhadap situs-situs sejenis yang telah ada dan mempelajari kelebihan dan kekurangannya, serta analisa terhadap situs yang telah ada tentang kebutuhan para pengguna saat ini serta pengumpulan data-data untuk dijadikan sebagai penunjang penelitian ilmiah ini.

1.4 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang dilakukan oleh penulis dalam Penulisan Ilmiah ini dijelaskan dalam empat bab yang membahas masalah secara singkat tanpa mengabaikan keterhubungan antara bab yang satu dengan bab selanjutnya, adapun sistematika penulisan terdiri dari:

Bab I            Pendahuluan

Menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penelitian dan sistematika penulisan.

Bab II           Landasan Teori

Menjelaskan teori-teori yang berhubungan dengan pembuatan website.

Bab III          Analisa Pembahasan

Menjelaskan tata cara pembuatan website dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.

Bab IV          Terdiri dari Kesimpulan dan Saran.

Daftar Pustaka

Rosady Ruslan, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2003), hal. 24
Hariyanto, S.Pd,  Mrtode Penelitian Kualitatif, (Online: http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/)