Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang faktor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses!

  • ketersediaan media layanan telematika, jumlah ketersediaan media untuk mengakses layanan telematika seperti warnet dengan jumlah komputer yang cukup banyak dan kenyamanan yang terjamin
  • mudah digunakan (tidak membingungkan), bagi orang awam pengalaman pertama kali saat menggunakan layanan telematika sangatlah penting, sehingga apabila sebuah layanan telematika susah/membingungkan saat diakses maka akan membuat orang malas untuk mengaksesnya
  • biaya yang murah, dengan fasilitas standar dan kecepatan akses yang cukup tinggi dengan biaya murah

Bagaimana pengaruh telematika di berbagai bidang? berikan contoh layanan telematika pada bidang pendidikan!

Di era globslisasi seperti sekarang ini sangat diperlukan layanan telematika di barbagai bidang dikarenakan permasalahan yang mulai komplek dan kita semakin dituntut untuk lebih cepat dalam memberikan layanan, untuk mencari informasi terbaru serta untuk sarana penyampaian informasi yang lebih cepat dan fleksibel sangatlah fital diperlukan media telematika guna mendukung tugas perkantoran maupun dalam bidang pendidikan. Bayangkan apabila penyampaian informasi ke luar daerah harus menggunakan media manual seperti pos, maka sebuah informasi akan perlu banyak waktu untuk sampai di tempat tujuan sehingga fedback yang diharapkan akan diterima akan lebih lama diterima. Dengan media telematika tidak perlu menunggu sampai berhari-hari, cukup hanya menunggu beberapa menit dengan kecepatan jaringan internet standar untuk tersampaikannya sebuah informasi ke tujuan.

Contoh layanan telematika pada bidang pendidikan: orang tua murid sekarang tidak pelu datang ke sekolah untuk melihat pengumuman hasil ujian nasional, cukup dengan duduk di rumah dan membuka website yang telah disediakan oleh sekolah.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika, jelaskan!

  • Tidak menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari internet sebagai sumber utama. Menyaring atau memilah-milah tiap informasi dengan baik.
  • Sangat dianjurkan agar orang tua mengawasi anak di bawah umur 17 tahun untuk tidak mengakses situs pornografi maupun situs perjudian.
  • Selektif dan bertindak lebih bijak dalam membuka sebuah website.
  • Tidak menaruh semua informasi yang bersifat pribadi ke dalam situs jejaring sosial, contohnya tempat tanggal lahir dan domisili.
  • Mengganti password secara berkala agar dapat terhindar dari pencurian data.

Apa fungsi dari telematika? Jelaskan!

  • Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  • Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.