Pengelolah gragis adalah program yang secara khusus dibuat untuk membuat gambar atau mengelolah gambar. Pengelolah grafis yang sederhana memanipulasi gambar dalam bentuk bitmap.

Operasi pada model seperti ini didasarkan pada piksel. Piksel adalah unit terkecil yang menyusun gambar. Sebuah piksel daat Anda bayangkan seperti sebuah titik. Sebagai contoh, kalau Anda bermaksud menghapus bagian gambar yang telah anda buat, Anda harus menghapus berdasarkan piksel-piksel tersebut. Contoh program seperti ini adalah Pain, photoshop dan masih banyak lagi program pengelolah grafis lainnya.

Pengelolah grafis yang lebih kompleks dapat memanipulasi gambar dalam betuk vektor atau objek. Sebagai contoh bila Anda menggambar dua buah bentuk, misalnya lingkaran dan kotak yang saling menumpuk, setiap gambar bisa dipindahkan atau dihapus dengan mudah kapan saja. Beriktu contoh program kategori ini.

Adobe photoshop, buatan Adob Systems Incorporated. Program ini berjalan pada baik itu sistem operasi windows maupun machintos.

PhotoStudio, buatan perusahaan ArcSoft. Program ini juga dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Mac.

GIMP, yang terdapat pada sistem operasi Linux.

Beberapa jenis file yang digunakan untuk menyimpan gambar antara lain:

  • JEPG (Join Photographic Expert Group)
  • TIFF (Tag Image Fiel Format)
  • PNG (Portable Networks Graphics)

BMP (dari kata “btimap”)