Memang aneh jika ada orang yang selalu menolak memakai helm standar dalam mengendai sepeda motor di jalan raya. Padahal helm itu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kebaikan si pengendara sepeda motor itu sendiri. Korban terus berjatuhan akibat cedera kepala yang terjadi saat kecelakaan, sehingga memaksa pemerintah untuk mewajibkan setiap pengendara sepeda motor untuk memakai helm yang baik untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek. Tidak hanya untuk tujuan perlindungan atau proteksi saja, namun juga untuk tujuan estetika si pemakai helm.

Dari hal tersebut di atas salah satu fungsi dari helm adalah meindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan, karena kepala merupakan organ fital dalam tubuh manusia maka sangatlah penting untuk dilindungi saat berkendara guna menghindari cidera saat terjadi kecelakaan untuk itu sangatlah penting penggunaan helm yang sesuai standar guna keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

r0dohw

Sejauh mana helm model diatas dapat melindungi seorang pengendara sepeda motor saat terjadi kecelakaan lalulintas terjadi, pastinya tidak dapat melindungi kepala si pengendara sepeda motor karena bahan pembut helm tersebut sangatlah tipis, karena hanya terbuat dari plastik biasa. Selain itu helm model di atas tidak dapat menutupi seluruh bagian kepala seorang pengandara sepeda motor sehingga sangatlah berbahaya jika seorang pengendara motor menggunakan helm tersebut untuk berkendara sehari-hari. Dari segi tali pengait helm hanya terbuat dari karet sehingga jika terjadi kecelakaan pasti helm tersebut terpelanting dan tidak dapat melindungi kepala. Tidak hanya itu kenyamanan penggunaan helm model diatas sangtlah kurang karena bagian dalam dari helm tersebut tidak terbuat dari busa melainkan dari plastik sehingga saat dipakai agak lama maka akan terasa sakit di kepala dan tidak ada kaca pelindung untuk menghalau debu/benda-benda lain saat kite  berkendara.

 agv-corsa-limited-edition-2013-03

Helm sebagai salah satu kemanan dalam berkendara seharusnya  dapat memenuhi beberapa kritera sebagai berikut:

1. Melindungi Kepala dari Benturan Saat Kecelakaan

Apa yang terjadi jika tiba-tiba kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju kencang? Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat mendarat entah itu aspal, batu, pagar pembatas, pohon, rumput dan lain sebagainya. Tidak bisa kita bayangkan jika kita jatuh dengan posisi kepala lebih dulu pada benda keras karena bisa menyebabkan kematian. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri anda, maka bekali diri anda dengan helm yang dapat meminimalisir efek benturan yang terjadi. Gunakan helm yang memiliki sertifikasi SNI asli agar lebih terjamin kualitas proteksinya. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kita, rasanya nyaman dipakai dan ada pelindung dagu agar tidak luka/besot saat terjatuh dari motor, terutama helm yang half face.

2. Melindungi Mata dari Angin, Debu dan Kotoran serta Benda Keras Lainnya

Cobalah anda pacu sepeda motor anda secepat mungkin tanpa menggunakan helm. Sudah pasti tidak akan nyaman berkendara dengan cara seperti itu. Ada banyak ketidaknyamanan yang bisa berujung pada kecelakaan jika berkendara sepeda motor tanpa helm yang ada kaca pelindungnya.

3. Melindungi Kepala dari Basah Air Hujan

Saat hujan turun, helm akan sangat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering tidak kehujanan. Jika menggunakan helm tidak standar seperti helm cetok/helm proyek, maka kemungkinan untuk basah pada bagian kepala sangat besar.