Pendidikan adalah salah satu penentu keberhasilan dalam membangun bangsa dimana kualitas pendidikan yang baik sangat berpengaruh terhadap pembangunan bangsa yang nantinya akan mencetak generasi muda penerus bangsa.Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk membangun bangsa. Pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu mentut perkembangan pendidikan untuk mencetak generasi pembangun bangsa yang lebih tangguh.

Permasalahan peran pendidikan di Indonesia dalam membangun bangsa masih kurangperhatian dari pemerintah kita. Gambaran ini tercermin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, bahkan peraturan UU Pendidikan kacau. Dampak dari pendidikan yang buruk itu, negeri kita kedepannya makin terpuruk. Keterpurukan ini dapat juga akibat dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan baik di tingkat nasional, propinsi, maupun kota dan kabupaten.

Kondisi ideal pendidikan dalam membangun bangsa di era reformasidimana setiap anak bisa sekolah minimal hingga tingkat Sekolah Menegah Atas(SMA) tanpa harus membedakan status masih belum tercipta, karena itulah sebenarnya hak seluruh anak bangsa sebagai generasi penerus pembangun bangsa. Haltersebut sangat sulit untuk direalisasikan pada saat ini. Banyak faktor penghambat yang menjadi kendala dalam membangun pendidikan di negeri ini. Oleh karena itu, setidaknya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam dunia pendidikan. Jika mencermati permasalahan di atas, terjadi sebuah ketidakadilan antara si kaya dan si miskin. Seolah sekolah hanya milik orang-orang kaya saja sehingga orang yang kekurangan seperti tidak mempunyai hak untuk bersekolah dan mengenyam bangku pendidikan seperti mereka. Ditambah lagi fasilitas pendidikan di daerah terpencil sangat terbatas sehingga membuat standar pendidikan di daerah dan kota amatlah sangat berbeda.

Beberapahal tersebut diatas adalah beberapa kompleksitas pendidikan sebagai salah satu faktor penentu dalam membangun sebuah bangsa, dimana pendidikan sangat berpengaruh dalam menciptakan generasi muda dalam membangun bangsa, serta meneruskan cita-cita luhur bangsa.