Individu adalah unit terkecil pembentuk masyarakat dan merupakan bagian yang sudah tidak bisa lagi dibagi ke bagian yang lebih kecil lagi dimana didalam setiap individu tersebut terdapat dua sifat yang berbeda yaitu individu sebagai individu itu sendiri dan sebagai individu didalam masyarakat. Sifat individu sebagai masyarakat adalah individu sebagai unsur pembentuk suatu masyarakat, hal ini merupakan sifat individu yang lebih luas, akan tetapi sebelum individu-individu tersebut membentuk suatu kelompok masyarakat terlebih dulu terbentuklah keluarga sebagai miniatur masyarakat yang didalamnya terdiri dari beberapa individu yang masih sedarah.

Keluarga adalah keadaan dimana beberapa orang yang berkumpul dalam satu atap dan masih memiliki hubungan darah/kekerabatan dimana didalamnya terdiri dari kepala keluarga dan  beberapa anggota keluarga. Keluarga terbentuk dikarenakan adanya dua individu yang berbeda jenis yang melakukan hubungan perkawinan dan nantinya akan menghasilkan katurunan, keturunan inilah yang disebut sebagai individu yang memiliki hubungan sedarah dan siklus diatas akan terus berjalan secara bekesinambungan dan akan membentuk individu-individu baru yang kemuadian akan membentuk keluarga baru.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang membentuk sebuah sistem dimana nantinya akan terjadi interaksi sesama individu didalamnya. Masyarakat merupakan bagian yang kompleks dan tidak ada suatu batasan karena didalam masyarakat tidak ada batasan yang mengikat seperti hubungan darah/kekerabatan karena didalam masyarakat terdapat berbagai macam keragaman yang akan membentuk sistem interaksi selaras antar individu didalamnya dan tidak terbatas oleh suatu hal tertentu seperti ras, suku bangsa, agama dll. Dikota besar seperti Jakarta suatu masyarakat dapat tebentuk dari berbagai macam suku bangsa, adat dan agama hal ini dikarenaka Jakarta masih dianggap sebagai tempat mencari penghidupan yang lebih layak, sifat ini diumpamakan seperti magnet bumi yang menarik benda-benda ke pusat bumi dimana Jakarta masih mempunya daya tarik tersendiri untuk menarik masyarakat di pedesaan di seluruh Indonesia untuk datang dan menetap di Jakarta, hal inilah yang mengakibatkan keragaman masyarakat di Jakarta saat ini.

Dari hal-hal diatas terdapat suatu hubungan yang membentuk suatu hubungan sistematis yang terbentuk dimana masyarakat terbentuk dari beberapa kelompok/keluarga yang didalamnya terdapat interaksi antar individu, dan keluarga itu sendiri terbentuk daribeberapa individu yang sedarah dan berada dalan satu atap serta membentuk satu miniatur dari sebuah masyarakat secara nyatayang didalamnya juga terdapat interaksi dari individu-individu penghuninya